Kamis, 04 Maret 2010

Penalaran

Penalaran


Di dalam Bahasa Indonesia pada penjelasan tentang karangan, terdapat Penalaran,, aa itu Penalaran ????
Penalaran merupakan proses berpikir manusia yang berasal dari pemikiran manusia yang menghasilkan suatu pengertian dan penjelasan. Pemikiran manusia itu bersifat abstrak jadi untuk mewujudkan atau memberitahukan kepada pendengar hasil dari pemikiran tersebut dapat dilakukan dengan cara Bahasa, maksudnya kita memberitahukan kepada pendengar hasil dari pemikiran kita tadi.

Didalam penalaran terdapat pula suatu prinsip penalarn, prinsip penalaran ada 3,


1. prinsip identitas, didalam prinsip identitas ini bersifat konsisten, jadi apabila didalam suatu penalaran terdapat anggota p maka sampai kapanpun himpunan itu akan beranggotakan p.
2. prinsip konradiksi, prinsip ini menyatakan bahwa apabila terdapat dua sifat yang berlawanan penuh, tidak mungkin ada dalam suatu benda pada waktu dan tempat yang sama.
3. prinsip eksklusif tekstii, apabila terdapat dua sifat yang berlawanan penuh tidak mungkin kedua-duanya memiliki suatu benda, pastilah salah satu yang memiliki benda tersebut.

Didalam Penalaran juga terdapat suatu Proposisi,, apa yang dimaksud dengan proposisi ???
Proposisi merupakan merupakan suatu kesimpulan dari suatu pemikiran,, proposisi atau yang disebut dengan premis dan hasil kesimpulannya disebut dengan konklusi.
Intinya didalam suatu penalaran ujung-ujungnya akan berada pada logika, penalaran seorang manusia terdapat fakta dari penalaran tersebut.

Didalam penalaran terdapat dua metode…

Metode pertama yaitu metode deduktif
Metode deduktif merupakan metode berpikir dari umum ke khusus

Contoh : sapi, kuda, monyet termasuk hewan herbivore.

0 Comments:

Post a Comment